PEMBAHASAN UKMPPG UP MATEMATIKA JANUARI 2019 + SOAL KOMPETENSI KEPRIBADIAN

Assalamualaikum, apa kabar semua? Semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu semangat dalam belajar. Apakah ada diantara bapak/ibu...

Model Soal AKM (Asesmen Kompetensi Minimum) Bagian 2 (Download)


Pada postingan sebelumnya sudah dijelaskan tentang AKM dan jenis soal yang masuk pada kriteria AKM. Pada postingan kali ini saya share model soal AKM lengkap  yang dapat diunduh dalam bentuk file pdf pada link yang tersedia di bawah postingan. Sebelum mendownload, berikut saya sajikan beberapa contoh soal AKM yang membutuhkan kemampuan literasi.

Contoh 1.
Ironi Konsumsi Ikan di Indonesia. Kenapa?


Potensi sumber daya ikan di Indonesia selama ini dikenal sangat berlimpah. Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mencatat, potensi sumber daya ikan saat ini sudah mencapai 9,9 juta ton. Selain itu, potensi luas lahan budidaya ikan juga mencapai 83,6 juta hektare. Namun, dari semua potensi tersebut, minat masyarakat untuk mengonsumsi ikan sebagai lauk masih harus terus ditingkatkan.

Konsumsi masyarakat Indonesia terhadap ikan masih terbilang rendah. Rata-rata tingkat konsumsi ikan di Indonesia baru mencapai 41 kilogram (kg) per kapita per tahun. Meski mengalami kenaikan dibandingkan tahun-tahun sebelumnya di 37-38 kg per kapita per tahun, tingkat konsumsi ikan di Indonesia masih kalah jauh dibandingkan negara tetangga seperti Malaysia (70 kg per kapita per tahun) dan Singapura (80 kg per kapita per tahun), bahkan kalah telak dengan Jepang (mendekati 100 kg per kapita per tahun).

Beberapa hal yang menjadi penyebab masih rendahnya tingkat konsumsi ikan di Indonesia, diantaranya adalah: 1). Kurangnya pemahaman masyarakat tentang gizi dan manfaat ikan bagi kesehatan dan kecerdasan, 2). Rendahnya supply ikan akibat kurang lancarnya distribusi, 3). Belum berkembangnya teknologi pengolahan dan atau pengawetan ikan sebagai bentuk keanekaragaman dalam ikut memenuhi tuntutan selera semua konsumen, 4). Sarana pemasaran, distribusi terbatas baik kualitas maupun kuantitas. Hal lain yang diduga menyebabkan masih rendahnya tingkat konsumsi ikan di Indonesia adalah pola fikir masyarakat yang masih kedarat-daratan, citra ikan sebagai penyebab penyakit cacingan, sumber alergi, ikan meningkatkan kolesterol darah dan kandungan logam berat.

Untuk itu diperlukan suatu usaha untuk mendorong minat masyarakat dalam mengonsumsi ikan. Program Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) yang dicanangkan pada tanggal 4 April 2004 bertujuan membangun kesadaran gizi individu maupun kolektif masyarakar agar gemar mengonsumsi ikan. Gerakan ini melibatkan seluruh komponen bangsa dan menjadi tugas seluruh institusi, lembaga, dan masyarakat.

Klik pada beberapa pilihan jawaban.
Manakah pernyataan berikut yang merupakan penyebab rendahnya konsumsi ikan di Indonesia ?
□ Harga ikan mahal
□ Rendahnya ketersediaan ikan di laut
□ Cara menangkap ikan yang belum modern
□ Sarana pemasaran dan distribusi ikan yang terbatas
□ Kurangnya pemahaman tentang gizi dan manfaat ikan

Contoh 2.
BARISTA, BERGENGSI DAN BERGAJI TINGGI


Menjamurnya kedai-kedai kopi beberapa tahun belakangan berhasil membuka lapangan pekerjaan bagi Barista. Barista adalah sebutan untuk adalah mereka yang menyajikan kopi berbasis espresso, dan memiliki keahlian tingkat tinggi untuk meracik kopi dengan berbagai campuran penambah cita rasa kopi. Untuk menjadi seorang barista kamu dituntut untuk memiliki pengetahuan tentang kopi dan seluruh< prosesnya, dari memilih biji kopi, menggiling, menggunakan mesin espresso, hingga proses penyeduhan, agar bisa menyajikan secangkir kopi yang nikmat.

Kamu bisa menimba ilmu barista di sekolah-sekolah barista seperti Indonesian Coffee Academy, Esperto Baristo Course dan lainnya. Karena biaya sekolah yang cukup mahal, maka gaji barista juga cukup tinggi, minimal Rp 4 jutaan untuk pemula. Semakin banyak pengalaman, maka akan makin tinggi pula gaji barista. Untuk menambah pengalaman dan keterampilan, kamu bisa mengikuti berbagai kompetisi barista. Profesi ini sangat menjanjikan, karena industri kopi kian berkembang. Tidak hanya bekerja di kedai kopi, seorang barista juga bisa bekerja di industri kopi.

Klik pada beberapa pilihan jawaban.
Teks Bisnis Kopi dan teks Barista membahas tentang pebisnis kopi dan barista. Berdasarkan kedua teks tersebut pilihlah pernyataan yang menunjukkan persamaan antara pebisnis kopi dengan barista!
□ Pengusaha kopi dan barista harus memahami jenis kopi dengan baik.
□ Untuk mempelajari kopi, pengusaha maupun barista harus mengunjungi berbagai daerah penghasil kopi.
□ Menjadi barista atau pengusaha kopi membutuhkan modal awal yang besar.
□ Penghasilan pebisnis kopi dan barista cukup menggiurkan.

Berikut adalah slide tampilan soal AKM yang dapat didownload.

Link Download :
Model Soal Asesmen Kemampuan Minimal (AKM).pdf

Demikian postingan kali ini tentang Asesmen Kompetensi Minimum, semoga bermanfaat.
Next article Next Post
Previous article Previous Post

Leave a Reply to "Model Soal AKM (Asesmen Kompetensi Minimum) Bagian 2 (Download)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel