SOAL DAN PEMBAHASAN UJIAN NASIONAL UNKP/ UNBK MATEMATIKA SMA JURUSAN IPA

Assalamualaikum. Apa kabar semua. Semoga selalu sehat dan tetap semangat untuk belajar dan mengembangkan diri. Postingan kali ini terbilang sedikit terlambat sebab ujian nasional baik UNKP/ UNBK telah dilaksanakan beberapa bulan silam tepatnya bulan April tahun 2019. Selain dari banyaknya kesibukan, penulis juga baru mendapatkan salinan/ scan naskah soal UNKP tersebut. Soal UNKP dan UNBK seperti yang sering saya uraikan pada postingan-postingan lalu sebenarnya tidak memiliki perbedaan. Yang berbeda hanya sistem pelaksanaannya.

SOAL DAN PEMBAHASAN UJIAN NASIONAL UNKP/ UNBK MATEMATIKA SMA JURUSAN IPA

Pada postingan ini, penulis kembali membagikan pembahasan soal ujian nasional matematika SMA jurusan IPA yang dapat pembaca unduh secara gratis pada link yang dibagikan di bawah. Soal dan pembahasannya penulis jadikan satu dalam sebuah file berekstensi pdf.

Sekilas mengenai UNKP/ UNBK tahun pelajaran 2018/2019, soal masih terdiri atas 40 butir dengan rincian 36 soal pilihan ganda dan 4 soal isian. Dari segi gambaran soal, ujian nasional tahun lalu ini menampilkan beberapa soal yang membutuhkan pemahaman konsep yang baik. Sebagai contoh di soal turunan, soal ini sebenarnya sangat sederhana namun dikaitkan dengan konsep limit sehingga siswa yang tidak faham kaitan konsep tersebut akan mengira soal tersebut sulit. Soal-soal HOTS juga muncul dibeberapa soal cerita dengan mengaitkannya dengan kondisi/ kasus kontekstual dalam kehidupan sehari-hari. Namun secara umum ujian nasional tahun lalu masih didominasi soal-soal yang seharusnya di atas kertas dapat diselesaikan dengan mudah oleh siswa.

Berikut sebelum mendownload soal dan pembahasannya, saya tampilkan previewnya yang dapat pembaca lihat maupun dibaca secara online.

Link Download Pembahasan UNKP/UNBK MTK SMA 2019:
Pembahasan UNKP/UNBK Matematika SMA 2019 (pdf)

Ujian nasional kurang lebih tinggal 3 bulan. Semoga bapak/ibu guru dapat mempersiapkan siswanya agar dapat meraih hasil maksimal. Dan terutama untuk adik-adik yang sekarang duduk di kelas XII SMA, gunakan waktu kalian sebaik-baiknya dengan memperbanyak latihan soal dan semoga pembahasan ujian nasional yang penulis bagikan ini dapat menjadi alternatif sumber belajar tambahan adik-adik dalam persiapan menghadapi UNBK 2020.

Semoga sukses.
Next article Next Post
Previous article Previous Post

Leave a Reply to "SOAL DAN PEMBAHASAN UJIAN NASIONAL UNKP/ UNBK MATEMATIKA SMA JURUSAN IPA"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel