SOAL DAN PEMBAHASAN UNBK/ UNKP MATEMATIKA SMP/ MTs 2019


Assalamualaikum, apa kabar semua? Alhamdulillah pembahasan UNBK Matematika SMP 2019 bisa saya share kali ini setelah sempat terkendala banyak kesibukan dan kegiatan. Pembahasannya saya ketik rapi dan sudah dalam bentuk pdf sehingga memudahkan adik-adik dalam belajar.

Sekilas tentang UNBK/ UNKP Matematika SMP, seccara umum masih sama dengan edisi-edisi sebelumnya baik dari pelaksanaan maupun bentuk-bentuk soalnya. Namun ada beberapa soal yang menurut saya untuk ukuran anak SMP masuk kategori HOTS yang membutuhkan ide dan logika anak dalam menyelesaikan soalnya.
Contohnya pada soal no. 4 :
Pada tes kemampuan Matematika, skor total ditentukan dengan aturan: skor 4 untuk jawaban benar, skor -2 untuk jawaban salah, dan skor -1 untuk tidak menjawab. Dari 50 soal yang diberikan, Amir hanya menjawab 48 soal dan memperoleh skor 100. Banyak soal yang dijawab Amir dengan Benar adalah...
Tanggapan:
Sekilas soal ini adalah penerapan operasi hitung bilangan bulat biasa, namun ada beberapa informasi yang membuat siswa kesulitan menyelesaikannya. Dalam menyelesaikan soal ini selain dengan coba-coba (tentunya lama), penyelesaiannya adalah menggunakan sistem persamaan linier.
Ide:
Karena 48 soal dijawab maka jelas 2 soal tidak terjawab dengan nilai 2 x (–1) = –2. Sementara 48 soal ini adalah soal yang dijawab dengan benar dan ada yang dijawab dengan salah. Sebelum dikurangi dengan 2 soal yang tidak terjawab, maka jumlah nilai dari soal yang terjawab ini adalah 102.
Misalkan:
banyak soal yang dijawab benar = x
banyak soal yang dijawab salah = y
Sehingga diperoleh sistem persamaan linier :
4x – 2y = 102
x + y  =  48
Dan seterusnya tinggal dieliminasi untuk mencari nilai x. Penjelasan lebih rincinya dapat dilihat pada file pdf pembahasan yang share di bawah.

Berikut preview pembahasan UNBK/UNKP Matematika SMP 2019.
Berikut Link Downloadnya:
Pembahasan UNBK Matk SMP 2019 (.pdf)

Untuk Naskah soal aslinya dapat diunduh pada postingan saya sebelumnya ya. Silahkan di cek di blog ini.
Demikian postingan kali ini tentang pembahasan UNBK Matematika SMP 2019, semoga bermanfaat untuk semua. terimakasih.
Next article Next Post
Previous article Previous Post

Leave a Reply to "SOAL DAN PEMBAHASAN UNBK/ UNKP MATEMATIKA SMP/ MTs 2019"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel