PEMBAHASAN UKMPPG UP MATEMATIKA JANUARI 2019 + SOAL KOMPETENSI KEPRIBADIAN

PEMBAHASAN UKMPPG UP MATEMATIKA JANUARI 2019 + SOAL KOMPETENSI KEPRIBADIAN

Assalamualaikum, apa kabar semua? Semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu semangat dalam belajar. Apakah ada diantara bapak/ibu guru sedang mengikuti kegiatan PPG? Semoga Bapak/Ibu guru semua yang belum tersertifikasi segera mendapat panggilan PPG. Amin. Pada postingan-postingan sebelumnya saya sudah membahas dan membagikan soal materi profesional UKMPPG Matematika tahun 2018 dan UP Mei 2019 (Baca: Pembahasan Soal UP UKMPPG Matematika 2018 dan Mei 2019). Selain itu saya juga sudah membagikan soal-soal latihan Ujian Pengetahuan (UP) dari Sistem Pembelajaran daring (SPADA) PPG beserta pembahasannya (Baca: Soal dan Pembahasan SPADA PPG Matematika 2019).

Pada postingan kali ini saya akan membagikan pembahasan UP UKMPPG Matematika yang telah diselenggarakan pada tanggal 19 Januari 2019. Sebagai catatan, soal dan pembahasan yang dibagikan disini adalah materi profesional saja. Seperti yang kita ketahui UP terdiri atas 100 soal yang terdiri atas soal jenis kompetensi kepribadian, kompetensi pedagogik dan terakhir yang dibahas disini adalah kompetensi profesional. Soal UP pada blog ini didapat dalam bentuk tulis tangan yang kemudian saya ketik ulang dan rapikan. Setelah saya mencoba membuat pembahasannya, ada beberapa soal menurut saya kurang sehingga sulit diselesaikan atau menghasilkan jawaban yang tidak semestinya. Kesalahan barangkali terjadi pada orang yang menulis ulang soal tersebut.

Dalam beberapa kali penyelenggaraan uji pengetahuan (UP) soal-soalnya banyak kemiripan, perbedaan biasanya ada pada angka-angka atau informasi pada soal, namun tetap rumus dan konsep-konsepnya selalu sama. Seperti layaknya ujian nasional, soal-soal dalam beberapa tahun hampir dapat diprediksi bentuknya. Namun tentunya saya tetap menyarankan agar para peserta PPG mempelajari kisi-kisi yang diberikan oleh pusat melalui LPTK tempat peserta mengikuti pelatihan.

Pembahasan UP Januari 2019 ini sudah saya ketik rapi sehingga memudahkan pembaca atau pengunjung dalam menelaah dan memahaminya. Penulis menyarankan agar pembahasan ini selanjutnya didiskusikan dengan rekan-rekan untuk membandingkan jawabannya, mengingat penulis juga manusia yang tak luput dari kesalahan, karena kesempurnaan hanyalah milik Alllah, Tuhan Yang Maha Esa. 

Selain pembahasan materi profesional matematika, saya juga akan membagikan contoh soal sosial kepribadian UP yang pernah keluar. Bedanya dengan soal UP Matematika yang saya bahas sendiri, soal UP kepribadian ini sudah memiliki kunci jawaban dari sumber awal yang saya peroleh. Keabsahan jawabannya saya serahkan kepada pembaca untuk menelitinya lebih lanjut.

Sebelum mendownload, Berikut adalah contoh tampilan file pembahasan UP UKMPPG Matematika 12 Januari 2019 yang berformat pdf yang nantinya dapat diunduh pada link yang tersedia di bawah.



Untuk mendownloadnya, pengunjung dapat menklik link-link berikut.
SOAL DAN PEMBAHASAN UKMPPG MATEMATIKA
Link :
Soal UP Matematika Januari 2019 (.pdf)
Pembahasan UP Matematika Januari 2019 (.pdf)

Selanjutnya untuk soal sosial kepribadian, dapat diunduh pada link-link berikut.
Soal UP Sosial Kepribadian Paket 1 (.pdf)
Soal UP Sosial Kepribadian Paket 1 (.docx)
Soal UP Sosial Kepribadian Paket 2 (.pdf)
Soal UP Sosial Kepribadian Paket 2 (.docx) 


Demikianlah postingan saya tentang soal dan pembahasan UP materi profesional UKMPPG yang dilaksanakan pada bulan Januari 2019. Semoga bermanfaat dan salam sukses untuk semua. ^ ^
 

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Leave a Reply to "PEMBAHASAN UKMPPG UP MATEMATIKA JANUARI 2019 + SOAL KOMPETENSI KEPRIBADIAN"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel