LATIHAN PERSIAPAN MENGHADAPI UNBK MATEMATIKA JURUSAN IPS

Mengawali postingan di bulan Agustus ini, saya akan membagikan sebuah diktat untuk persiapan menghadapi ujian nasional khusus untuk jurusan IPS. Diktat ini berisi kumpulan rumus/ ringkasan materi yang biasanya muncul dalam ujian nasional yang disusun sesederhana mungkin agar mudah difahami adik-adik khususnya yang sekarang sedang duduk di kelas XII IPS. Selain itu, diktat ini dilengkapi dengan soal ujian nasional (UNBK/ UNKP) Matematika jurusan IPS pada tahun 2018 silam lengkap dengan pembahasannya.

Mudah-mudahan diktat ini dapat menjadi alternatif atau tambahan sumber belajar pendukung lainnya bagi adik-adik yang akan menghadapi ujian nasional mendatang. Semakin sering berlatih soal maka secara tidak langsung perlahan konsep akan mudah dikuasai.

Sebelum mendownload, terkait lingkup materi yang diujikan tidak jauh berbeda dari tahun seblumnya. Aspek yang diujikan terdiri dari aspek kognitif pengetahuan dan pemahaman, aplikasi, dan penalaran. Berikut penjelasan ringkasnya:

Level kognitif pengetahuan dan pemahaman
Dalam level kognitif pengetahuan dan pemahaman, tingkat kesulitan soal yang digunakan meliputi mengidentifikasi, membandingkan, menentukan, menghitung, mengklasifikasi, dan menjelaskan. Lingkup materi yang diberikan terbagi menjadi empat bagian. Keempat bagian tersebut adalah aljabar, kalkulus, geometri dan trigonometri, dan statistika.
Level kognitif aplikasi
Level kognitif aplikasi menguji kemampuan untuk menentukan, menghitung, memodelkan, dan menyelesaikan masalah. Sama seperti halnya lingkup materi pada level kognitif pengetahuan dan pemahaman, lingkup materi yang diujikan meliputi aljabar, kalkulus, geometri dan trigonometri, dan statistika. Level kognitif penalaran
Level kognitif penalaran menguji kemampuan untuk menganalisis, menyimpulkan, menginterpretasi, memprediksi, dan mensintesis. Lingkup materi pada level penalaran sama dengan lingkup materi untuk level kognitif pengetahuan dan pemahaman dan level kognitif aplikasi, meliputi aljabar, kalkulus, geometri dan trigonometri, dan statistika.

Berikut preview diktat sebelum adik-adik mendownload.

Berikut link downloadnya :
Diktat UN Matematika Jurusan IPS (.pdf)


Jangan lupa dukung dan ikuti blog ini untuk mendapatkan informasi-informasi terbaru soal-soal dan pembahasan lainnya ya. Semoga bermanfaat dan salam sukses untuk semua. ^ ^

 


Next article Next Post
Previous article Previous Post

1 Comment to "LATIHAN PERSIAPAN MENGHADAPI UNBK MATEMATIKA JURUSAN IPS"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel