PEMBAHASAN UKMPPG UP MATEMATIKA JANUARI 2019 + SOAL KOMPETENSI KEPRIBADIAN

Assalamualaikum, apa kabar semua? Semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu semangat dalam belajar. Apakah ada diantara bapak/ibu...

TIPS AGAR LULUS PROGRAM PPG (PENDIDIKAN PROFESI GURU) Berdasarkan Pengalaman Penulis


Assalamualaikum, apa kabar semua? Pada postingan kali ini penulis ingin membagikan sedikit tips agar dapat lulus dalam program PPG. Tips ini berdasarkan pengalaman penulis yang telah mengikuti kegiatan serupa beberapa tahun lalu. Dan sejauh yang penulis pantau dalam edisi penyelenggaraan PPG selanjutnya memiliki pola yang sama.

Seperti yang kita ketahui pada tahun 2019 ini pemerintah menyediakan kesempatan bagi guru baik pns maupun non pns untuk mengikuti PPG yang nantinya dikenal dengan istilah PPG dalam Jabatan. Namun disini penulis akan membahas terkait pelaksanaan PPG setelah lulus dari pretest. Pelaksanaan PPG dalam Jabatan terbagi menjadi 2 moda yakni moda daring dan tatap muka. Moda daring dialksanakan selama kurang lebih 2 bulan, sedangkan moda tatap muka dilaksanakan kurang lebih dalam 3 sampai 4 bulan di LPTK/ Universitas yang telah ditunjuk.

Kita mulai dari moda daring, pada kegiatan ini peserta PPG akan mengikuti rangkaian kegiatan pembelajaran secara online melalui aplikasi SPADA.BRIGHTSPACE dengan bimbingan operator dan dosen pengampu. Kegiatan ini terlihat santai dan sepele namun jika tidak bisa mengatur waktu sebaik-baiknya maka akan keteteran juga. Jadi usahakan tetap online setiap hari minimal 20 menit. Karena ini juga menjadi penilaian di sistem. Nilai peserta diperoleh dari setiap post test pada modul dan juga keaktifan selama sesi diskusi. Jadi usahakan jawab pertanyaan disetiap sesi diskusi walaupun tidak bisa sama sekali, karena nilai-nilai di sesi diskusi ini berguna untuk meningkatkan nilai post test yang seandainya rendah. Nilai rata-rata minimal kelulusan di moda daring ini adalah 76.

Setelah dinyatakan lulus dari moda daring maka peserta berhak mengikuti tahap selanjutnya yakni moda tatap muka. Nah disini biasanya akan sangat melelahkan karena jadwal kuliah yang padat yakni dimulai dari jam 07.30 sampai 17.00 (hanya terpotong waktu untuk sholat dan ishoma). Ini berlangsung setiap hari kecuali hari Minggu. Selanjutnya 2 bulan kemudian, peserta akan melaksanakan kegiatan PPL di sekolah-sekolah yang ditunjuk LPTK. Ini yang perlu saya tekankan, mengingat tes akhir kegiatan PPG ini yakni uji kinerja (UKIN) dan tes uji pengetahuan (UP), maka pesan saya selama kegiatan tatap muka ini selalu sisihkan waktu untuk persiapan tes akhir tersebut terutama UP. Karena pengalaman, banyak mahasiswa PPG yang hanya terfokus pada tugas-tugas selama moda tatap muka sehingga jarang persiapan dan latihan soal untuk menghadapi UP. Barangkali untuk Uji kinerja (UKIN) ini masih kemungkinan besar pasti lulus karena hanya praktik mengajar saja, tetapi UP itu dilakukan secara online seperti UNBK atau saat awal kita pretest PPG. Disini tidak ada kompromi, jadi kalau tidak lulus UP maka harus ngulang lagi ikut UP pada periode selanjutnya dengan membayar biaya administrasi Rp300.000,00. Dan kesempatan yang diberikan untuk mengulang hanya 4 kali saja.

Seperti yang sudah saya tekankan di atas, UP ini seolah-olah menjadi harga mati untuk lulus dari program PPG ini. Terkait dengan mata uji di UP terdiri atas materi kepribadian, pedagogik, dan profesional. Untuk dua materi awal menurut saya masih bisa dinalar karena soalnya kasuistik, tidak terlalu sulit. Namun yang banyak menjegal mahasiswa adalah di materi profesional. Khusus untuk PPG guru Matematika, materi profesional yang muncul adalah materi-materi kuliah yang sebenarnya kita pelajari juga di moda daring dan tatap muka tetapi jika jarang latihan soal maka hasilnya juga tidak maksimal. Jadi teruslah berlatih materi profesional ini dengan sebaik-baiknya.

O ya untuk model-model soal UP ini hampir tidak berubah dari tahun ke tahun, hanya diganti angka-angka atau yang ditanyakan namun tetap mengacu pada model yang sama. Khusus untuk PPG Matematika, model soal UP materi profesional ini dapat diunduh secara gratis disini. Ketika rekan-rekan terutama guru matematika lulus pre test PPG, maka mulai lah langsung untuk melihat dan berlatih soal-soal UP.

Semoga bermanfaat, dan semoga rekan-rekan yang belum lulus pretest PPG dapat lulus tahun ini. Amin.
Next article Next Post
Previous article Previous Post

1 Comment to "TIPS AGAR LULUS PROGRAM PPG (PENDIDIKAN PROFESI GURU) Berdasarkan Pengalaman Penulis"

  1. In differential calculus, you discover that the chain rule is a key guideline for taking subordinates. integral of tan(x)

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel