(PPGJ) PEMBAHASAN SIMULASI UKMPPG UP/ UTN MATEMATIKA PPG (SUMBER SOAL: SPADA BRIGHTSPACE)

Guru sebagai tenaga pendidik sekarang dituntut untuk menjalankan tugas dan fungsinya secara profesional dan memiliki kompetensi yang mumpuni. Kompetensi guru ini meliputi kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional yang diperoleh melalui pendidikan profesi seperti yang termaktub dalam Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Kompetensi guru merupakan perpaduan antara kemampuan personal, keilmual, teknologi, sosial, dan spiritual yang secara menyeluruh membentuk kompetensi standar profesi guru, yang mencakup penguasaan materi, pemahaman terhadap peserta didik, pembelajaran yang mendidik, pengembangan pribadi, dan profesionalisme. Upaya pemerintah untuk mewujudkan guru yang profesional dengan kompetensi yang mumpuni yakni melalui Program pendidikan Profesi Guru (PPG). Program PPG terbagi dua yakni PPG dalam Jabatan dan PPG Pra Jabatan.

Program PPG dalam Jabatan adalah program pendidikan yang dikhususkan untuk guru PNS dan non PNS dengan persyaratan tertentu yang sudah mengajar pada satuan pendidikan.

Tahapan pelaksanaan PPG dalam Jabatan dimulai dari Pre Test PPG. Guru yang dinyatakan lulus selanjutnya mengikuti kegiatan PPG dengan tahapan : pembelajaran Daring (online), tatap muka, PPL, dan terakhir adalah UKMPPG yang terdiri atas Uji Kinerja dan Uji Pengetahuan. Semua rangkaian kegiatan ini berjalan kurang lebih selama 6 bulan lamanya.

Pada postingan ini saya membahas sebuah soal simulasi Uji Pengetahuan (UP) materi profesional Matematika pada pembelajaran daring yang soalnya diunduh langsung dari web : https://ppgspada.brightspace.com/
Pembahasan soal tersebut saya tulis tangan karena keterbatasan waktu dalam mengetiknya. Soal dan pembahasan ini dapat langsung pembaca unduh pada link yang tersedia pada akhir postingan.

Adapun preview pembahasannya dapat dilihat pada slide berikut.

Untuk link download soal dan pembahasannya sebagai berikut.

Link Soal :  
Soal Simulasi UP SPADA PPG (.pdf)

Link Pembahasan :
Pembahasan Simulasi UP SPADA (.pdf)


Semoga bermanfaat bagi pembaca, terutama para guru matematika yang sedang atau akan melaksanakan kegiatan PPG. Salam sukses untuk kita semua. ^_^
Next article Next Post
Previous article Previous Post

7 Comment to "(PPGJ) PEMBAHASAN SIMULASI UKMPPG UP/ UTN MATEMATIKA PPG (SUMBER SOAL: SPADA BRIGHTSPACE)"

  1. Terimakasih pak, sangat membantu.

    ReplyDelete
  2. Saya mau soalnya tapi kalau diklik link soal kok ke alamat yang banyak iklan dan hak ketemu file soalnya😭😭

    ReplyDelete
  3. Mohon maaf pa, saya mengalami kesulitan dalam mendownload soal. Berkenankah bapak untuk mengupload soal kembali...terimakasih atas kebaikan dan bantuan bapak yang sangat bermanfaat.

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel