Simulasi UNBK 2019 dan Pembahasan (Matematika SMA IPA)

Tidak terasa ujian nasional tingkat SMA/ Sederajat akan segera dilaksanakan. Sekolah-sekolah telah melaksanakan simulasi akhir UNBK. Siswa selanjutnya tinggal beberapa minggu lagi akan melaksanakan ujian sekolah berstandar nasional (USBN) yang langsung diikuti seminggu kemudian dengan UNBK. Simulasi akhir ini menjadi modal penting bagi siswa untuk menyiapkan mental maupun penguasaan materi mereka sebelum menghadapi ujian yang sesungguhnya. Biasanya simulasi UNBK yang diselenggarakan, soal-soalnya memiliki kemiripan dengan soal yang nantinya akan disajikan pada UNBK mendatang.

Masih seperti ujian nasional sebelumnya, tidak ada perubahan materi yang diujikan. 
Ruang lingkup materi tersebut :
Aljabar:
siswa memiliki kemampuan memahami konsep pada topik; fungsi, komposisi fungsi, fungsi invers, dan grafik fungsi, fungsi kuadrat, sistem persamaan dan, sistem pertidaksamaan linear, program linear, operasi, determinan, dan invers matriks, barisan dan deret (aritmetika dan geometri).
Kalkulus:
siswa memiliki kemampuan memahami konsep pada topik; limit fungsi aljabar, turunan fungsi aljabar, integral tak tentu fungsi aljabar.
Geometri dan Trigonometri:
siswa didik memiliki kemampuan memahami konsep pada topik; perbandingan trigonometri, fungsi trigonometri dan grafiknya, aturan sinus dan cosinus, jarak dari titik ke titik, garis, dan bidang, transformasi geometri.
Statistika dan Peluang:
siswa memiliki kemampuan memahami konsep dasar pada topik; penyajian data dalam bentuk tabel, diagram, dan grafik, ukuran pemusatan dan penyebaran data, kaidah pencacahan, peluang suatu kejadian.
---------------------------------
Beberapa hari yang lalu admin mendapatkan kiriman soal simulasi UNBK dari salah satu teman di FB untuk dibuatkan pembahasannya. Namun sayang beberapa soal tidak terbaca dengan maksimal karena hasil foto yang kurang bagus serta ada beberapa soal yang kembar. Berikut preview soal-soal tersebut :


Silahkan untuk mendownload soal dan pembahasannya dapat dicek pada link berikut. Semoga bisa membantu adik-adik dalam belajar ya.
Berikut link Downloadnya :
SOAL SIMULASI (pdf)
PEMBAHASAN SIMULASI (pdf)

Jangan lupa dukung dan follow blog ini ya untuk mendapatkan informasi dan soal-soal pembahasan lainnya. Selamat belajar dan semoga sukses.

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Leave a Reply to "Simulasi UNBK 2019 dan Pembahasan (Matematika SMA IPA)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel