CARA PRAKTIS MENGHITUNG NILAI AKAR PANGKAT TIGA

MENGHITUNG NILAI AKAR PANGKAT TIGA SUATU BILANGAN

Mencari nilai akar pangkat dua yang menghasilkan bilangan asli mungkin tidak terlalu sulit bagi sebagian besar siswa. Masalah akan muncul ketika siswa dihadapkan dengan soal-soal yang terkait dengan akar pangkat tiga atau pangkat yang lebih tinggi, banyak dari siswa mengalami kesulitan. Pada postingan berikut dijelaskan sebuah cara praktis dalam menghitung nilai akar pangkat tiga suatu bilangan.

Review.
Perhatikan pola berikut.


CARA PRAKTIS MENGHITUNG NILAI AKAR PANGKAT TIGA

Bilangan-bilangan pokok yang dipangkatkan memiliki pasangan-pasangan pada angka terakhir hasil dari pangkatnya. Misal pada  , bilangan yang memiliki angka terakhir 8 jika ditarik akar pangkat tiganya akan memiliki hasil yang suatu bilangan yang angka terakhirnya 2.

Sebelum kita ke contoh soal, berikut adalah langkah-langkah dalam menarik akar pangkat tiga suatu bilangan.


  1. Perhatikan angka terakhir bilangan yang ingin ditarik akar pangkat tiganya dan pasangkan dengan angka-angka seperti contoh pola di atas sebagai angka terakhir dari hasil penarikan akar.
  2. Untuk hasil angka di depannya, hapus 3 digit dari belakang kemudian cari bilangan yang jika dipangkat tigakan akan mendekati nilai dari angka yang tidak terhapus.
  3. Hasil penarikan akar dengan menggabungkan kedua angka yang diperoleh dari point 1 dan 2.

Contoh 1 :
Tentukan nilai  .
Jawab :
  1. Bilangan 1728 memiliki angka satuan/ terakhir 8 yang berkorelasi dengan 2. (selanjutnya menjadi angka terakhir dari hasil penarikan akar).
  2. Hapus 3 digit dari belakang maka tersisa angka 1. Bilangan yang jika dipangkat tigakan mendekati angka 1 adalah 1.
  3. Jadi  = 12

Contoh 2 :
Tentukan nilai  .
Jawab :
  1. Bilangan 12.167 memiliki angka satuan/ terakhir 7 yang berkorelasi dengan 3. (selanjutnya menjadi angka terakhir dari hasil penarikan akar).
  2. Hapus 3 digit dari belakang maka tersisa angka 12. Bilangan yang jika dipangkat tigakan paling mendekati angka 12 adalah 2. (sebab jika 3, maka 3 pangkat 3 = 27 melebihi 12)
  3. Jadi  = 23

Contoh 3 :
Tentukan nilai  .
Jawab :
  1. Bilangan 103.823 memiliki angka satuan/ terakhir 3 yang berkorelasi dengan 7. (selanjutnya menjadi angka terakhir dari hasil penarikan akar).
  2. Hapus 3 digit dari belakang maka tersisa angka 103. Bilangan yang jika dipangkat tigakan mendekati angka 103 adalah 4. (sebab jika 5, maka 5 pangkat 3 = 125 melebihi 103)
  3. Jadi   = 47

Contoh 4 :
Tentukan nilai  .
Jawab :
  1. Bilangan 39.304 memiliki angka satuan/ terakhir 4 yang berpadanan dengan 4.
  2. Hapus 3 digit dari belakang maka tersisa 39. Bilangan yang jika dipangkat tigakan mendekati angka 39 adalah 3.
  3. Jadi  = 34

Bagaimana? Mudah bukan. Mudah-mudahan bisa menjadi panduan belajar yang mudah bagi adik-adik terutama yang masih SD/ SMP. Semoga bermanfaat. ^_^








Next article Next Post
Previous article Previous Post

Leave a Reply to "CARA PRAKTIS MENGHITUNG NILAI AKAR PANGKAT TIGA"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel